7 Tips Merawat Kaos Sablon DTG Supaya Lebih Awet
December 21, 2020

Tutorial Memodifikasi Kaos Crew Neck Menjadi Kaos V Neck

Kaos dengan potongan leher crew neck mungkin menjadi salah satu jenis kaos yang paling umum dan paling mudah dijumpai di pasaran. Meski desain dan potongannya cenderung simple namun kaos yang satu ini pada dasarnya tetap memiliki sejumlah kelebihan tersendiri yang membedakannya dengan kaos jenis lainnya.

Kaos crew neck ada juga yang namanya kaos v-neck. Salah satu yang paling menarik dari potongan leher yang satu ini adalah kesannya yang feminin. Konveksi kaos yang didesain dalam bentuk v-neck ini juga akan memberikan ilusi lebih panjang pada bagian leher pemakainya.

Kreasi kaos v-neck dari kaos crew neck lama anda? Anda bisa menyimak tutorial berikut. Mula – mula siapkan kaos crew neck yang ingin anda modifikasi, pendedel, gunting, jarum pentul, jarum jahit tangan, benang dan mesin jahit.

Dengan menggunakan pendedel, bongkar jahitan yang menyatukan bagian rib dengan garis leher kaos. Bagian yang perlu di bongkar hanyalah bagian rib yang dijahit menyatu dengan bahan depan kaosnya saja.

Bentangkan kaos pada media yang datar kemudian lipat bagian depan kaos tersebut menjadi dua bagian sama besar seperti gambar berikut.

Bentuk bagian garis lehernya sesuai desain yang anda inginkan, hingga diperoleh garis leher baru yang bentuknya menyerupai huruf V.

Potong bagian tengah rib kaos yang semula dijahit menyatu dengan kaos bagian depan menjadi dua hingga diperoleh dua potong bagian rib yang sama panjang. Untuk mendapatkan titik tengah yang tepat bentangkan kaos dengan bagian depan menghadap tubuh anda.

Rentangkan masing – masing sisi rib kaos (bagian kanan dan kiri) yang telah digunting supaya ukuran panjangnya bertambah beberapa cm dan mendekati ukuran panjang v-neck yang sudah anda buat.

Pasang salah satu sisi rib pada bagian garis leher kaos yang bersesuaian sambil ditarik sedikit supaya ukuran panjangnya sesuai dengan ukuran panjang v-neck. Beberapa buah jarum pentul pada tepi kerah (termasuk bagian ujung bawah v) kaos supaya posisinya tidak bergeser.

Jahit rib yang telah disatukan dengan bagian utama kaos secara bersamaan sampai bagian bawah titik v

 

Arahkan ujung rib yang telah selesai dijahit, pada sisi garis v yang lain kemudian jahit dengan pola jahitan berbentuk lurus

Hasilnya akan diperoleh bentuk sebagai berikut.

Lakukan hal yang sama untuk menjahit sisi rib dengan garis leher v yang lainnya

Untuk menyempurnakan tampilan kaos, jelujur bagian ujungnya dengan menggunakan jarum jahit tangan dan benang yang bersesuaian dengan warna kaos anda. Selesai

Rekomendasi artikel : cara menjahit kerah kaos berbentuk v